04 September 2017

Lanud Manuhua Biak Segera Naik Status A

04 September 2017


Lanud Manahua, Biak, Papua (photo : RRI)

KBRN, Biak : TNI Angkatan Udara meningkatkan status pangkalan udara Manuhua Biak, Papua menjadi tipe A, sesuai Peraturan KSAU dan Peraturan Panglima TNI yang telah diterbitkan di tahun ini.

Komandan Lanud Manuhua Biak, Kolonel Penerbang Marsudiranto Widiatmaka mengatakan perubahan status tersebut secara otomatis kedepan akan ada penambahan fasilitas pendukung maupun jumlah personil, sedangkan jabatan Komandan dipegang perwira tinggi berpangkat Marsekal Pertama.

“Peraturan Panglima TNI maupun Peraturan KSAU telah turun di bulan Maret dan  April, namun kami masih menunggu pengukuhan dari Mabes TNI, jadi sementara masih dengan status B,” ujar Danlanud Manuhua di Biak, Sabtu (5/7/2017).

Menurut Danlanud Marsudiranto sesuai Rensra pusat, Biak sebagai disiapkan menjadi pangkalan Skuadron pesawat tempur dalam mendukung pengamanan wilayah udara NKRI

"Adanya perubahan status tipe A, akan ada penambahan fasilitas sarana penunjang serta personil TNI AU dan ke depan sesuai rencana strategis untuk menempatkan pangkalan skuadron pesawat tempur di Papua dan Biak sebagai pulau terluar sangat strategis menjadi lokasi tersebut,” pungkasnya.

(RRI)

26 komentar:

  1. smga gripen c / d yang stand by di sni..
    wk wk ngarep.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wooooo kampret kowe ki man, man...saiki wes sugeh mergo pesugihan neng utangmu gak disaur-saur !!

      Hapus
    2. no...no....biak disiapkan untuk pembelian f16 viper....ini sudah masuk list tni au

      Hapus
    3. Kata siapa?
      Madoca yee..
      Selama belum ttd ea semua merk masih ada kemungkinan

      Hapus
    4. no...kata team yg sedang nego viper disana

      Hapus
    5. Suwandaru@ hahahaha..ngapain nego2 yang su35 belum beres..emang pemerintah punya duit?

      Hapus
    6. ini masalah politik...usa harus kecipratan shoping juga biar keseimbangan kanan kiri gak ngambel....ini pasti diambil kek....biar pun ngeteng juga.....liat aja nanti....jadi secuil rusia diambil....secuil amerika diambil....jadi keduanya lega hati.....dan prinsip zero enemy tercapai

      Hapus
    7. Pak "zero enemy" wes momong putu, gak usah disebut-sebut meneh....basyiiii

      Hapus
    8. Suwandaru@ gak ada hubunganya sama politik,..duit2 kita kok...terserah mau beli,..semua itu tergantung dokrin yang di anut...
      Pengganti F5 aja masih bingung sama duit
      Ini malah ujug mau f16V
      Kita bukan juragan minyak lagi..

      Hapus
    9. @Zaka bukan begitu bro... SU35 emang udah mantep buat menghadapi F35 Ostrali, tapi kalo SU 35 suruh menghadapi SU35 cina malah jadi aneh (jadi seperti jeruk ketemu jeruk)... itula pentingnya bermain 2 kaki : beli teknologi rusia dan amerika.. biar seimbang..... dalam hal ini yang cucok : Gripen dan Viper (meskipun saya gak suka viper)

      Hapus
    10. @Zaka jadi ini juga ada bau politiknya juga bro... ingat embargo amerika, ingat juga embargo sovyet... sembari kita nunggu kemandirian alutista, kita harus main 2 kaki, pintar2 nyenengin hati mbah2 murica dan russkyy

      Hapus
    11. Nassya@ logika yang aneh...
      Su 35 gak akan bisa membuat perubahan melawan kombinasi gowler,f35 dan aw&c,...
      Australia jauh di atas kita
      Musuh kok pilih2..
      Perang somalia sama ethiopia sama2 pakai senjata rusia tetep bunuh2an kok,
      Politik 2 kaki apa?
      Gak ada hubungannya..
      Barang israel aja di beli..meskipun gak ada hubungan politik...yang penting kebutuhan

      Hapus
  2. Nice..seharusny F-16 di pangkalkan di sana..cozna sayang 1 lanud di isi 2 atau 3 skadron udara pesawat tempur..di sebar biar merata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu ska enak digeser dr Madiun ke biak,bs T-50,Bs F-16A/B....

      Hapus
    2. ini disiapkan untuk skuadron baru f16 viper

      Hapus
  3. Pernikahan raisya....achhh ini cuma pengalihan isyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda liat malem pertamanya blom??? haha!

      Hapus
  4. Yang di geser zet tempur di lanud papua adalah su 35 karena yang di hadapi ausi dari blok barat, f 16 ya natuna karena berhadapan dengan china

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru kalau hadang ausie...su35 cocoknya diletakkan di jawa/ntt

      Hapus
  5. smga aja f 16 viper bisa duet maut sama su 35 tp kmungkinan masih ada jatah buat si gripen kn lanud kupang th 2022 jg bakal diisi satu skadron jet tmpur
    kalau mnrt ane yg g klah penting
    aew nya kk blom ada
    klu medium sam nassams 2 yg 99% bkl ngisi merad pakhas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan akan memperlengkap showroom kita.
      Siip! :D

      Hapus
  6. Jadi lanud tipe A,penjaganya harus lengkap ini..setra oerlikon +SAM jarak pendek yang kedepannya ditambah jarak menengah...kalo isinya...mmmmh...yg pasti ada sukhoi..wwkwkkw..kemungkina besar beli lagi FA-50 utk latih pilot..pilot tempur setahun hanya 13 orang..

    BalasHapus
  7. lebih baik kalau Tni harus turunkan gripen baru bukan buatan rusia.wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heee betul kakak tertuwa..pangkalan yang lokasinya dipulau kecil gitu langka avtur...ga cocok buat sukhoi

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. kalo mau taro 1 ska permanen di sana saat ini, sesuai stok yg kita py, super tukino paling siap & ideal, sesuai dgn tingkat ancaman.

    kerna t50 aja maren digeser buat kupang, di biak paling cuco, yach tukino td.

    patroli daerah luas aja brajil pake tukino kok, lbh irit, cuco buat anti gerilya, daripada parkir mulu di malang. mending terbang cihui dr biak-manokwari-sorong trs muter fakfak-timika-merauke. lanjut wamena ke jayawijaya, begh elok nian kan mantab.

    buat intersepnya tetep pake su 27/30 dari ska 11, kan skali2 bole maen kesana, sperti slama ini tugas di tarakan.

    BalasHapus