12 September 2017

Prototipe Medium Tank Indonesia-Turki Tiba 23 September

12 September 2017


Tank medium Pindad-FNSS (image : FNSS)

Prototipe Medium Tank hasil kerjasama Pemerintah Indonesia dan Turki diperkirakan tiba di Indonesia pada 23 September mendatang.

Vice President Technologi and Development PT Pindad, Heru Puryanto mengatakan medium tank tersebut dalam proses pengiriman menggunakan jalur laut. Namun, kata dia, Indonesia nantinya hanya menerima bagian platform atau bagian bawah mesin dari Medium Tank.

“Sekarang prototipe pertama sedang dikapalkan ke Indonesia untuk ikut parade HUT TNI 5 Oktober, dan sekarang masih dalam perjalanan. Tapi kita sedang menunggu solusi bagaimana datang lebih cepat,” ujar Heru kepada Anadolu Agency, Sabtu.

Untuk melengkapi Medium Tank tersebut nantinya kata Heru, PT Pindad akan memasang dan merakit bagian turret atau meriam dan juga sistem komunikasi. “Dan itu hanya platform saja tanpa turret dan Radio. Setelah prototipe itu datang, kita integrasikan,” tambah Heru.


Tank medium Pindad (image : Army Recognition)

Dia menjelaskan, agar dapat beroperasi maksimal, Medium Tank nantinya akan melalui uji final yang dilakukan pada November 2017 mendatang.  Sementara itu, prototipe kedua Medium Tank yang dibuat di Indonesia saat ini masih dalam proses pembuatan dengan rencana tahap uji final pada 2018.

“Prototipe kedua yang dibuat di Indonesia direncanakan kita assembly [rakit] selesai 2017. Tapi belum dites karena prototipe pertama belum dites. Final tes baru di November. Setelah itu baru akan diterapkan di Indonesia,” sebutnya.

Indonesia dan Turki sepakat untuk bekerjasama membuat prototipe tank melalui PT Pindad dengan perusahaan produsen alutsista Turki, FNSS Savunma Sistemleri.

Prototipe pertama akan dibuat di Turki dan prototipe kedua akan dibuat di Indonesia. Setelah launching pada 5 Oktober nanti, PT Pindad menargetkan produksi medium tank ini sebanyak 20 unit pada 2018 mendatang.

(AA)

88 komentar:

  1. Kalo ini mah malaysia udsh buat tahun 1945

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kah kah beruk malaya memang jaguh

      Hapus
    2. Negara yang besar ini jangan dijadikan kecil dengan menjadi anak TK

      #salamdariorangdesa

      Hapus
    3. Betul,mereka dah berjaya bina kereta perisai halimun dan boleh terbang Wkwkwk

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Good good Indonesia. More advance country in terms of military development and self reliant. Some are jealous

    BalasHapus
  4. deftech malaysie dah bina macam nie 20 tahun lepas...very truly tempatan

    BalasHapus
  5. 1. Armored Personnel Carrier (Anoa)
    2. Tactical Vehicle (Komodo)
    3. Infantry Fighting Vehicle (Badak)
    4. Medium Tank (Kaplan)
    wow portfolio Pindad semakin banyak, semakin canggih!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canggih apa dong kenderana

      1)Apc Anon hanya level 3 made in china

      2)Tactics vehicle komando gak ada peralatan komunikasi canggih, kamu tahu tak vehicle komando dilekapi dengan komunikasi canggih, drone, missile, mesin gun, bergantung pada untuk tugas kusus adakah peralatan ini mampu di letak di Tactical Vehicle (Komodo)

      3)Infantry Fighting Vehicle (Badak) hanya teknologi lama digunakan.


      Satu aje canggih
      medium tank kaplan gak tahu teknologi apa kamu mahu masuk akan Kalau kurang biaya dan korrupt banyak maka kurang teknologinya

      Hapus
    2. Maha mahathir@ banyak2 baca lon,jgn iri sahaje kau...sekarang aq cabar kau kereta perisai apa yg telah boleh di bina malon

      Hapus
  6. wah..kalau orang malaysia diam..semakin kuat di provokasi...jadi pengen tanya ni..orang indonesia memang suka kalau orang malaysia membalas?? kalau gak suka..jangan diprovok terus...kalau orang malaysia sudah membalas..nanti anda sendiri yg emosi..aku gak suka saling hina..tapi kalau sudah diprovok terus...ya maklum saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka bukan diprovok tapi mereka cuba ketawakan malaysia dan indonesia tampa mereka sedari..

      indonesia dan malaysia banyak kelemahan patut di lihat pada diri mereka sendiri,

      Kami di malaysia jadikan sebagai bahan ketawa kerana angap indonesia paling hebat tapi kami lihat banyak masalah berlaku di indonesia, segala2 indonesia mahu menipu dunia berlakon hebat tapi lemah, selagi indonesia gak akui kelemahanya dan menperbaikinya, selagi itu indonesia dijadikan bahan ketawa di asean ini.

      Kami bercakap pada indonesia supaya berubah, jangan terlalu bangga diri kehebatan dalam bermimpi siang hari, indonesia harus atasi kelemahanya ,barulah indonesia bisa banggakan seluruh asean dan dunia

      Hapus
    2. @MAHA MAHATAIR. siapa menanam ia menuai. jika kita tarik waktu ke belakang, ketika indonesia sedang terkena krisis ekonomi dan sedang menata ekonomi, ramai orang malaysia mem-bully indonesia. sekarang kondisinya berubah. secara eknonomi indonesia semakin baik dan akan semakin kuat.
      indonesia memang masih banyak kekurangan dan kelemahan akan tetapi indonesia tidak sedang "bermimpi di siang hari", justru indonesia sedang bekerja di siang hari.
      apakan indonesia berlakon hebat atau lebih jauh lagi berlaku dan berwatak agresor? selama ini insiden yang melibatkan indonesia dan malaysia selalu berawal dari malaysia sebagai pemicunya, ambalat & lahat datu (tolong dikoreksi jika salah)
      saya tidak menyarankan indonesia untuk memprovokasi/mem-bully malaysia, tidak ada gunanya.

      Hapus
    3. mahatair @ apala ko nie....ko nak rendahkan kehaibatan industri weapon malaysie??......ko perlu periksa dulu kat hospital kurban lelaki....malaysie dah kehadapan more canggih you know.....10 langkah kedepan daripada indon...kita nie dah bina laser weapon and plasma weapon.....proton pon dah bine kereta kebal more hitech berbanding usa pon....ko perlu berubat kalau nak tau kehaibatan malaysie yg sudah internasional

      Hapus
    4. Tidak ada provokasi...wajar kami beli alutsista banyak..maaf karna luas wilayah kami juga tidak kecil..wajar alutsista kita banyak yg 2nd..karena jumlah standart yg dibutuhkan banyak..tidak hanya ditumpuk dipulau jawa..kedepannyan..akan banyak titik..seperti jaring laba2..

      Hapus
    5. Jendral...bukan provokasi ketenteraan..terserah deh indo mau beli apa..tiada kaitan dengan sesiapa maupun alien di planet pluto..sila fahami bung..

      Wow suwandaru...makin menjadi..wkwkw..tiada yang mau membalas,terus berani yah...

      Hapus
    6. irawan

      klu mau bekerja disiang hari,kenapa harus tarik waktu kebelakang?? itu bukan progress bro..sebuah negara yg punya potensi besar utk maju bukan diukur dari progress fizikalnya saja..tapi progress pembangunan manusianya..tapi klu pola fikirnya stagnan..perubahan yg anda lihat skrg takkan berterusan..

      diakui bahwa indonesia sudah semakin membaik..tapi itu bukan bererti malaysia sudah kembali menjadi sebuah negara bermasalah seperti waktu negara anda dilanda krisis...bukan seperti itu kondisi malaysia sekarang..kondisi malaysia masih lagi di nilai baik dan masih salah satu yg paling kompetetif setelah singapore di asean..jadi perlakuan anda itu membuat diri anda terlihat bodoh tanpa perlu kami orang malaysia menghina...saran saya banyakkan membaca supaya anda tidak malu sendiri nanti..wajar utk berbangga dengan potensi besar negara anda..tapi jangan berlebihan..potensi itu tak sama dengan realiti..perjalanan masih panjang..mungkin di masa depan,masih puluhan tahun sebelum indonesia menjadi sebuah negara unggul di asean..waktu itu boleh saja kalau anda mau merendah rendahkan malaysia..cuma jangan berharap kami orang malaysia akan merasa emosi..kami lahir dan besar berjiran dekat dengan singapore yg sejak 4 dekad lalu sudah mencapai apa yg anda cuma bisa mimpikan berlaku di negara anda..jadi mental kami tak dibina sejak lahir utk mudah emosi seperti mentaliti anda & orang indonesia punya pola pikir seperti anda..

      Hapus
    7. Entah kenapa ya, kalo kita sama malay emang bawaan nya senewen banget.... Tp kita humble sm sesama negara asean lain... Coba deh forum er Malaysia jawab?

      Hapus
    8. Intinya kita banyak sakit ati sama lu pada... Liat lagak lu dari dulu...🙃

      Hapus
    9. Ya udah sante aja kalee broo....

      Hapus
    10. agung prasetyo


      itu cuma perasaan orang indonesia saja..hakikatnya setiap minda masyarakat indonesia sudah di muat dengan fahaman bahawa orang malaysia itu tak mungkin lebih baik dari orang indonesia..setiap orang indonesia bahkan yg kurang pendidikan tapi masih tetap tau bahwa dulu malaysia pernah belajar sama indonesia..jadi setiap perilaku atau kata2 orang malaysia yg sedikit berlebihan akan di anggap sombong..tapi bukan sombong yg jadi masalah.. kerana orang sombong itu ada dimana2..termasuk indonesia..

      FYI johor sering dianggap sebagai "halaman belakangnya" singapore..bagi kami orang malaysia..itu sombong..tapi disebabkan kami orang malaysia tak pernah merasa kami lebih baik,tak pernah merasa singapore berhutang ilmu dengan malaysia..jadi perasaan itu tak terbawa hingga menjadi benci tingkat nasional..

      beda dengan indonesia..ada perasaan bahwa indonesia itu lebih baik bahkan merasa malaysia berhutang ilmu dengan indonesia..maka sedikit kekurangan dipihak malaysia,anda anggap sebagai 1 masalah besar..padahal yg menjadikannya besar bukan kesombongan kami..tapi "perasaan superior" anda itu..

      ditambah dengan kondisi negara anda waktu itu,menambahkan konflik dalaman dlm setiap minda masyarakat indonesia... konflik berlaku bila perasaan superipr harus ditukar paksa dengan inferior setelah mengetahui kondisi malaysia waktu itu lebih baik dari indonesia...

      ini sebabnya kenapa cuma dengan malaysia anda merasa seperti itu..kalau faktor faktor lain..itu umpama bensinnya saja..sedangkan apinya sentiasa bernyala dlm fikiran orang indonesia...

      Hapus
    11. Bro AP..indon mana bisa menerima kenyataan. Hanya mereka bangsa yang terbaik dimuka bumi ini.

      Hapus
    12. Apa ya harus terpancing untuk debat tidak berguna dengan anda bu IR.. HAHAHA

      Hapus
    13. Mending kalian urus itu si gagah sama si teguh.... Di bayar makanya, nanti di tarik sama pihak bank... 😂

      Hapus
    14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    16. agung

      ini bukan debat tak berguna bro..masyarakat indonesia sering dilebel mudah terpancing emosi oleh bangsa luar..walaupun kadang,mereka sendiri yg memulakan..ini tak bagus utk indonesia..bangsa yg mudah terpancing emosi cenderung utk merusuh..sedangkan indonesia perlu kestabilan berpanjangan utk ekonomi..jadi saran saya..jgn lah memprovokasi kami orang malaysia..klu ada yg salah,itu tak bermakna semua orang malaysia benci indonesia..rohingya yg jauh beda aja kami bela..takkan dengan org indonesia yg dekat segalanya kami benci segitu..logik saja lah bro..

      video2 provokasi dari indonesia di youtube sudah beribu..buat masa ini kami bertahan..tapi kami manusia..jgn lah provokasi itu ditambah terus..kami tak tau sampai bila kami boleh tahan diri dari membalas provokasi..klu kami diprovokasi..paling2 kami 1-2 hari reda...klu orang indonesia..bisa2 rusuh 1-2 minggu..



      Hapus
    17. Soal youtube saya setuju bro... Banyak lebay memang... Maka malas lah buat debat disini.. Tahan emosi lebih baek, walaupun itu susah...

      Hapus
    18. AP@ Bercermin diri kau tuh,temen kau tuh si Iqram sudah provokate dahulu,kau lihatlah pic Akunnya

      Hapus
    19. om pit, masa si mamad pernah bilang gambar di pp tentara kite haha!
      anak paskib dibilang tentara haha!

      madd mamad, tentara palelo 😆😆😆
      ntu gbr paskibra, komonli rekrut prom hai sekul setuden tung tung tung 🔨🔨🔨

      hadeuh, om anakerokan, tolong kandangin gich piaraannye tuch

      trus beri pisank biar sehat haha!
      🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    20. Palu gada@ itulah bro palu,sangkin irinya mereka lihat kemajuan industri militer indonesia sampe2 paskibraka di kirain mereka TNI Wkwkwk...sebentar lg mereka tambah stroke deh om kalo IFX sudah jadi Wkwkwk

      Hapus
    21. si mamad habis dibantai si lemot langsung ganti nama haha!

      prom Muhammad Iqram tu iqram razali haha!

      inga ingaaa mamaddd 🤐 kena cipoa si lemot dikit aje..cemen luh mad🔨
      mental labil luh mad

      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2017/07/malaysia-completes-fa-18d-hornet_26.html#comment-form
      http://defense-studies.blogspot.ru/2017/07/production-and-testing-of-vt4-mbt-of.html

      Hapus
  7. Cobalah.. forumer Indonesia lebih calm dan elegan dalam berdiskusi. Jangan Krn bnyk makan meichin jadi komentar banyak menyampah saja. Salam dari anak perantau.

    BalasHapus
  8. di sini sudah di jelaskan oleh vice president & pengembangan pt.pindad bahwa pindad cuma menerima platform doang dari turki, untuk turret dan alkom pindad sudah menyiapkany sendiri dan siap diintegrasikan berarti beda dong nanti dengan prototype yan di tampilkan di turki bulan kemarin designy ? semoga turrety yang di buat pindad beda dengan yang sudah di buat oleh fnss turki lebih cocok gitu turret dengan platform y , dan pindad sedang proses penyelesaian medium tank design sendiri prototype yang ke 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengingat kedekatan hubungan Pindad dengan Belgia sepertinya masih tetap Cockerill bung yg akan dipilih. 105 mm standarnya... siapa tahu ada yg versi 120 mm ? :-)

      Hapus
    2. Bukan cannon maksudy saya tapi turrety / kubbah y beda dengan yang di tampilkan di turki semoga, kalo cannon tetap pake yang 105 mm

      Hapus
    3. Memang Pindad sudah bisa buat kubah untuk Canon 105 mm? (Pertanyaan serius bukan bercanda atau nyindir )

      Hapus
    4. Kamu ngomong sembarangan aja ,@ zaka tingkir pindad sudah bisa buat turret itu yang turret di badak buatan pindad tot dari belgia , pindad mengakui hanya canon 90 mm & 105 mm yang lom mereka kuasai tapi ke depan pindad menuju ke arah situ membuat canon sendiri berbagai caliber

      Hapus
    5. Iy turret yang 105 mm di bantu turki lewat kerjasama, tank medium pindad di akui oleh orang pindad baru 40% local content dan ke depan akan terus ditingkatkan untuk local content y minimal 60% , sekarang component masih di dominasi impor

      Hapus
    6. Doni@buktikan kalau emang bener omongan ente

      Hapus
  9. Beli lagi...bikin lagi...kebutuhan MBT 450 unit..baru ada 100..ixxiix....kurang 250-300 unit..daerah2 tertentu berat utk MBT solusinya..tank penghancur MBT yg medium..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente masih menganut faham ambles ea?

      Hapus
  10. Kerjasama dengan Turki hasilnya sudah mulai terlihat, perlu untuk dilanjutkan untuk alutsista yg lain, misalnya misil, drpd ama China hasilnya belum kelihatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entah jadi atau menguap tanpa bekas itu misil broo...

      Hapus
    2. Kitanya sih kurang niat

      Hapus
    3. Bukan kurang niat membuat missil bukan perkara mudah seperti membalikkan kedua belah tangan kita, rusia, amerika dan china pun butuh belasan tahun untuk mandiri di bidang missil, lah kita baru mulai pengen cepat bisa lari aneh atuh , tenang aja kita dalam pengembangan missil masih berjalan

      Hapus
    4. Doni@ preett lahh..nenek juga tau bikin misil susah makax ada opsi TOT

      Hapus
  11. Ya sudah lah.. tidak usah di bahas lagi.. mau apa yg dilakukan malaysia dolo nyamplok pulau kita.. dgn cara reklamasi negara mereka akhirnya sampai juga ke pulau kita..

    Mmg sudah sewajarnya negara sebegitu luasnya disamakan dengan aceh.. pasti ingin cari yg lebih..

    Jangan hina mereka.. nanti mereka juga akan beli tank dari kita.. contohnya pesawat kita..

    Kita sekarang jd negara penghasil dan negara sebelah pembeli..

    Berdoa dimulai kawan!!! Amin..

    BalasHapus
  12. Malaysia..

    Kalian mau tahu kenapa rakyat indonesia MARAH BESAR sama kalian?

    Coz pulau kami kalian ambil..

    Jujur saja.. presiden R.I ke-1 kami.. pernah mengatakan GANYANG MALAYSIA.. tapi kami belum tahu apa mksd dr beliau itu..

    Rupanya perkataan beliau akhirnya terjawab sudah.. kalian ingin mencuri.. ada udang dibalik batu.. sang bermuka dua..

    Kalau kalian tidak ada ganggu kami.. kami tidak akan SEBENCI KAYAK GINI AMA KALIAN..

    Kaliab bilang serumpun? Tapi kalian tusuk kami dr belakang..

    Itu buat kami TIDAK SENANG..

    Kalau kalian ingin dihargai dan dihormati.. JANGAN GANGGU WILAYAH KAMI..

    JANGAN PANCING KESABARAN KAMI.. KESABARAN KAMI ADA BATASNYA..

    KALIAN KALAU GK BISA DIBINA.. NANTI KAMI BINASAKAN..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. RS

      pulau yg mana bro?? sipadan ligitan??

      kita pakai logik akal saja bro.. kalau malaysia mau claim pulau sumatera..indonesia bakal setuju gak status sumatera ditukar ke status quo?? kemudian diselesaikan di icj..mau?? pasti tak bakal terjadi seperti itu walau harus perang..

      jadi kenapa sipadan & ligitan berbeda dengan sumatera??? ketika indonesia bersetuju dengan status quo dan membawa sipadan ligitan ke icj..itu secara tak langsung menunjukkan indonesia mengakui kewajaran klaim malaysia..soal pihak mana yg berhasil..itukan ketentuan icj..jadi dari mana datang kesimpulan "curi pulau" itu bro..

      Hapus
    3. RS

      kami bilang serumpun?? bro arti & konsep serumpun itu bukan boleh dibilang2 atau diciptakan semaunya..itu yg anda & ramai orang indonesia tak faham..mengikut faham orang indonesia..malaysia serumpun dengan indonesia kerana majoriti orang malaysia itu berasal dari indonesia..bahkan malaysia dulu dibawah kekuasaan indonesia..ini erti serumpun yg di tanam di fikiran orang indonesia..padahal ini jelas salah..bukan saja salah dari konsep serumpun malaysia-indonesia..malah salah dari erti serumpun itu sendiri...

      erti serumpun sebenar adalah hubungan 2 party yg berasal dari akar induk yg sama..2 party itu ertinya indonesia-malaysia..akar induknya itu nusantara..sesuatu yg berasal dari akar induk yg sama pasti punya ciri & sifat2 yg sama..jadi jangan heran kenapa malaysia & indonesia itu sama dari aspek budaya dan dna..kalau anda setuju yg ini,tuduhan malaysia mencuri budaya itu sudah terbatal.

      tapi fahaman anda beda..bagi anda & kebanyakan orang indonesia..bahawa indonesia itu lah akar induk hubungam serumpun ini..wajar lah kerna itu hak anda mau berpandangan..tapi..sekuat mana pun anda cuba berargumen..realitinya kedua indonesia & malaysia itu bangsa baru..keduanya gak bisa mengklaim sebagai akar induk pada sejarah pembentukan bangsa serumpun indonesia-malaysia ini..kalau anda & indonesia bertegas mau mengklaim sebagai akar induk yg menjadi asal negara malaysia..itu berarti anda tidak mengakui konsep serumpun..bagi kami..itu gak masalah..cuma jangan koar2 begitu..wujudkan komisi untuk menilai semula konsep serumpun ini di indonesia..buat tetapan bahwa indonesia dan malaysia gak punya saling terkait baik budaya maupun secara biologis..saya secara peribadi gak masalah utk terima..apa gunanya berantam isu budaya..kami gak mau di ketawakan bangsa lain dengan isu begitu..ayuh..kalau begitu lebih baik,kenapa tidak.. malaysia bersempadan tanah dengan bangsa thai yg jelas2 berbeda..tapi aman2 saja kok..




      Hapus
    4. Betul bro... itu namanya pandai tak boleh di ikut, bodoh tak boleh di ajar..

      Hapus
  13. A.P..

    Hahaha.. bro bro.. lu buka lg deh peta zaman dahulu.. dan perjanjian internasional pada zaman belanda..

    Lu lihat garis pantai kita..

    Dan lu lihat garis pantai wilayah malaysia dolo dgn garis pantai sekarang.. dah berbeda jauh... itu semua gara gara reklamasi.. makanya dapat pulau kita..

    Tapi bukan hny itu saja.. kementerian dalam negeri.. wilayah itu dolo mmg gk ke urus sama negara kita coz masih berpatok centra java..

    Maka itulah malaysia investasi.. dia cari wilayah yg kira kiranya nanti bisa dekat pulau pulau luar kita lainnya..

    Sekarang lu harus sadar diri ya.. natuna dan ambalat sekarang jd incaran mereka..

    Akibat investasi pariswisata itu lah.. kalah kita dalam persidangan..

    Asal kau tahu ya.. alasan malaysia ke hakim internasional adalah.. COZ INDONESIA TIDAK BISA MENGELOLA..

    Tapi aku tidak setuju.. kalau hakim begitu berfikir sempit..

    KITA INI NEGARA KEPULAUAN BOSS.. RAKYAT KITA BANYAK..BANYAK YANG HARUS DIURUS.. WAJAR ADA BANYAK PULAU YG BLM DIKASIH NAMA..

    TAPI kalau kita pny negara kayak malaysia sama seperti aceh.. PASTI KITA BISA JAGA DAN NAMAI PULAU KITA SEMUANYA..

    JADI ITU BUKAN NAMANYA DICURI??ITU BUKAN MENUSUK KITA DR BELAKANG? HAA?

    BalasHapus
  14. Dari mana lu tahu serumpun kyk lu bilang haa? Dr kamus besar bahasa indonesia?

    Lu bilang.. orang kita?
    Sekarang lu jawab..

    KENAPA PRESIDEN SOEKARNO BILANG GANYANG MALAYSIA?

    PRESIDEN KITA TIDAK AKAN MEMBUNUH RAKYATNYA SENDIRI...

    BalasHapus
  15. Satu lagi yang kau jawab ya bro A.P..

    Kalau suatu negara yang sudah melaporkan budaya.. pulau atau apalah itu.. trus sudah sah di hakim internasional..


    Trus suatu saat ada konflik claim dr negara lain.. sepele aja masalahnya.. coz rakyat kita tidak ada yang mengurus atau mempelajari budaya nenek moyang kita lg..

    Lalu dibawa lg ke hakim internasional.. dan kalah lg kita cuma gara gara sepele gt?

    LU MAU KYK GT? SETIAP KE HAKIM LG DAN KALAH KITA..

    lu harus tahu diri ya.. klw lu berfikir kyk gt lg.. HILANG SEMUA APA YG KITA DAH LAPORKAN DAN DI SAHKAN

    BalasHapus
  16. RS

    nah disitu problem nya...emang sipadan & ligitan sudah termasuk dlm peta teritory RI saat pembuktian pemilikan di ICJ??

    klu bukti pemilikan melalui penjanjian belanda..itu lagi aneh..belanda & RI adalah 2 kekuasaan berbeda..maka atas dasar itu,hujah melalui perjanjian belanda ditolak icj..
    saat 2 pihak sudah setuju membawa kasus dispute ke icj..sudah tidak ada isu curi mencuri lagi..

    BalasHapus
  17. RS

    dari mana saya tau erti serumpun?? lah..sejak saya bisa berbicara & berfikir lah bro..kata serumpun itu adalah kata dlm bahasa sehari2 majoriti orang malaysia iaitu bahasa melayu..mau pake slang KL atau desa..serumpun ya tetap serumpun..gak ada gantinya..emang masih perlu kamus?? beda dengan indonesia..sebahagian besar penutur bahasa indonesia bukan native speaker..jadi saya fhm klu anda sebut soal kamus...

    sebuah pencapaian peradaban baru indonesia itu jelas hak milik setiap bangsa indonesia.kami orang malaysia tak punya hubungan dengan pencapaian itu.

    tapi klu anda sebut sebuah peradaban yg dicapai sebelum lahirnya sebuah negarabangsa yg bernama indonesia,adakah semua bangsa indonesia,termasuk si bule dan etnis lain yg berasal dari luar nusantara lebih mewarisi dari kami rakyat malaysia?? anda jangan bilang anda gak tau para sultan2 di malaysia adalah para successor kerajaan nusantara..malah sistem beraja di malaysia memakai sistem yg sama dengan para pendahulunya..selagi sistem beraja di malaysia itu belum runtuh,selagi itu lah warisan2 dari para pendahulunya akan tetap sebuah klaim yg sah..anda & indonesia bisa saja membantah..tapi apa kata dunia????

    BalasHapus
    Balasan
    1. RS

      anda harus bisa membedakan antara area dispute & sebuah pelanggaran teritorial..klu malaysia benar2 "mencuri" wilayah yg telah sah menjadi milik indonesia..itu sudah dianggap pelanggaran territorial..sebuah pelakuan yg boleh dianggap melancarkan perang terhadap kedaulatan wilayah lain..malaysia akan dikutuk oleh dunia..logik akal..malaysia tak akan pernah mampu punya kekuatan utk melakukan seperti itu bro...

      sejak gagalnya gagasan indonesia raya..sebuah wilayah kekuasaan besar yg meletakkan indonesia & malaysia dibawah 1 pemerintahan..indonesia tidak bermimpi utk mewujudkannya..tapi ada upaya untuk membuat segala warisan2 yg telah dicapai oleh kekuasaan nusantara menjadi 1 hak eksklusif bangsa indonesia saja..ini jelas2 berlaku dengan masif.di doktrinkan melalui pendidikan & media..dengan harapan..1 hari nanti,klaim2 dari malaysia taupun brunei akan semakin kabur..

      pernah ada acara media di sumatera yg menggunakan loghat khas masyarakat melayu disana yg punya kemiripan dengan malaysia..perlakuan ini mendapat bantahan dari para pemimpin dan cerdik pandai indonesia..mereka ini dituduh punya upaya untuk memisahkan diri..kalau indonesia menjunjung tinggi bhineka tunggal ika..tak mungkin hal ini terjadi..
      setiap kelompok punya hak untuk melestarikan warisan2 mereka..apalagi kelompok2 masyarakat melayu di sumatera adalah pewaris sah bahasa indonesia yg berasal dari bahasa melayu..masak para penutur non-native mau mendiktate bagaimana cara yg betul untuk berbahasa pada penutur native..ini 1 kelucuan yg besar...

      Hapus
    2. RS

      sekali lagi saya tegaskan pada anda..segala bentuk kritikan terhadap malaysia gak akan pernah berhasil kalau kalian cuma koar2 begitu..lakukan secara formal..kami generasi muda malaysia gak akan pernah peduli..ayuh..lakukan lah kalau kalian merasa itu yg terbaik..

      bagi kami..perlakuan2 begitu tak ada gunanya utk diributkan..belum ada bangsa didunia yg lahir dari susur galur yg sama meributkan hal ini..bangsa2 besar yg berjaya baik china,india,english..mereka sama2 berbesar hati mengakui budaya milik bersama walau berbeda nationality..kalau kalian ingin memecah tradisi & menjadi yg pertama meributkan soal itu,silakan..itu juga nantinya akan membedakan antara pola pikir kalian & pola pikir bangsa2 besar yg telah berjaya..

      Hapus
  18. what for compare malaysie vs indonesia????...malaysie more canggih...maju and hitech...more weapon quality and quantity

    BalasHapus
  19. https://l4mb4ng.wordpress.com/tag/perundingan-perjanjian-garis-batas-wilayah-indonesia/

    https://mfahrulrozi14.wordpress.com/2016/05/08/perbatasankonflik-serta-perjanjian-nkri-dengan-negara-tetangga/

    http://rian-fenita.blogspot.co.id/2011/05/perjanjian-di-perbatasan-indonesia-dan.html?m=1

    A.P..

    Ni saya kasih referensinya.. kamu lihat baik baik.. baca.. AWAL MULANYA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. RS

      yg ribut soal sipadan ligitan itu kan anda bro..anda bilang malaysia mengklaim pulau itu atas dasar indonesia gak bisa mengelola..betulkan??

      jadi apa rasinalnya anda minta saya baca segala klaim sepihak dari indonesia??bukankah lebih baik anda minta saya baca hujah2 dari kedua pihak ketika di icj??

      nah sekarang saya mau tanya..atas dasar apa icj menunjukan malaysia sebagai pemilik sipadan ligitan??

      kenapa hujah2 dari pihak indonesia di tolak icj?? apa saja isi hujah2 itu?? mengapa sampai ditolak..



      itu yg anda harus fikir.



      Hapus
    2. AP@ MAlon begok,kau tampak bodoh,ur explain panjang tapi tak de makna...selama dalam rich dan status quo,indonesia dan malon dah bersepakat tak de satu negarapun yg boleh kelola sipadan ligitan selama dalam kasus icj,banyak2 baca kau tuh

      Hapus
    3. mat rempit

      kau lebih bodoh...bila masa aku kata dlm status quo,malaysia dibolehkan kelola sipadan & ligitan???

      jika sipadan & ligitan itu adalah hak milik sah indonesia yg telah di akui tingkat internasional..mengapa perlu status quo??

      kenapa tidak declare malaysia sebagai melanggar kedaulatan RI?? langsung hancurkan segala aktiviti pihak malaysia ketika itu..lah gak yakin sama kedaulatan sendiri..atau memang sipadan & ligitan tidak termasuk dlm kedaulatan RI???

      Hapus
    4. AP @ banyak2 baca sejarah pakcik,dahulu tun mahathir dgn soeharto telah bersepakat ada perjanjian selama kasus sipadan ligitan blom selesai,maka kedua pulau itu dikosongkan tak boleh malaysia dan indonesia explore ke 2 pulau itu,dan ternyata ketika indonesia kena krisis ekonomi thn 1997 malaysia melanggar perjanjian dan mengelola ke 2 pulau itu,dan karna alasan malaysia mengelola pulau itu malaysia di menangkan icj...kalo soal bukti kuat indonesia berhak atas pulau itu indonesia ada buktinya,sipadan dan ligitan itu masuk wilayah sultan bulungan yg masuk wilayah penjajahan belanda,ada bukti surat perjanjian antara pemerintah kolonial belanda dgn kesultanan bulungan,dan surat perjanjian itu di simpan di museum di belanda

      Hapus
  20. Lagi Ributin apa ini perasaan idul adha udah lewat udah gak ada hewan qurban lagi, yang lom kebagian mohon maaf, nanti tahun depan bisa isi formulir lengkap biar dapet daging qurban yang pertama , harap maklum tahun ini sedikit yang berqurban karena faktor hemat energi

    BalasHapus
  21. Hahaha.. bro bro.. lu bilang koar koar? Sudah lama x..

    Kalian mmg mau test kesabaran kami ya bro..

    Ingat bro.. JANGAN PERNAH MEMBANGUNKAN SINGA DARI TIDURNYA...

    KAMI DAH CUKUP SABAR.. JANGAN PRNAH CLAIM APAPUN YG BUKAN HAK KALIAN..

    Perjuangan para pahlawan kami membebaskan dari PENJAJAH.. kalian ambil dan curi seenak jidat x an saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. RS

      ya cuma koar2..ada yg salah?? emang segala kritikan dari anda yg cuma rakyat sipil bisa menghasilkan apa???

      sudah saya tegaskan..ayoh..realisasikan hasrat anda itu dengan cara yg lebih formal..apa caranya terpulang anda..mau dibentuk semacam komisi kah atau apa silakan..kalau perlu,desak saja pemerintah indonesia putuskan hubungan diplomatik dengan malaysia..paternkan segala yg anda rasa kami cuba curi..anda kira saya akan peduli itu semua??

      jujurnya saya sudah muak dengan perilaku orang2 seperti anda..anda ingin menjadi bangsa besar..tapi mentaliti anda itu luarbiasa aneh..kalau mau berjaya seperti bangsa2 besar yg lain..contohilah pola pikir mereka..

      saya juga muak melihat ada saja upaya dari pemerintah malaysia untuk melihat kedekatan bangsa serumpun dengan indonesia..ayoh..berbuat lah sesuatu dipihak anda..saya gak mau lagi melihat malaysia terikat dengan sentimen serumpun dengan bangsa yg gak sudi..percuma kalau gak ada untungnya utk masa depan malaysia..serumpun dengan orang seperti anda yg hobinya membuang masa berfikiran konyol meributkan hal2 tak produktif..




      Hapus
    2. Anda bilang mentality? Haha.. anda saja menjawab pertanyaan saya dr awal aja.. udah gk sanggup..

      Trus kau tny pula.. pulau sipadan dan ligitan kah? Saya tdk tny apa saja pulau na.. nah kau sendiri jwb.. yg sadar diri apa yg kalian lakukan..

      Org kyk anda jgn bicara mentality deh.. anda saja gk mau baca refrensi yg saya kasih.. haha.. bro bro..

      Trus and bilang.. putus hubungan diplomatik? Anda yakin haa? Saya sarankan jgn deh.. karam nnt kalian perekonomiannya..

      Anda yg terlalu sombong.. malaysia masuk kedalam anggota.. singapore.. australia..

      Gk bisa berdiri sendiri kalian? Haa?

      Gk bisa politik bebas aktif kyk indonesia? Haa?

      Jgn terbawa emosi trus bawa bawa pemutusan diplomatik.. jgn ya please jgn.. menangis nnt kalian

      Hapus
    3. Anda bilang mentality? Haha.. anda saja menjawab pertanyaan saya dr awal aja.. udah gk sanggup..

      Trus kau tny pula.. pulau sipadan dan ligitan kah? Saya tdk tny apa saja pulau na.. nah kau sendiri jwb.. yg sadar diri apa yg kalian lakukan..

      Org kyk anda jgn bicara mentality deh.. anda saja gk mau baca refrensi yg saya kasih.. haha.. bro bro..

      Trus and bilang.. putus hubungan diplomatik? Anda yakin haa? Saya sarankan jgn deh.. karam nnt kalian perekonomiannya..

      Anda yg terlalu sombong.. malaysia masuk kedalam anggota.. singapore.. australia..

      Gk bisa berdiri sendiri kalian? Haa?

      Gk bisa politik bebas aktif kyk indonesia? Haa?

      Jgn terbawa emosi trus bawa bawa pemutusan diplomatik.. jgn ya please jgn.. menangis nnt kalian

      Hapus
  22. tank malaysia antara tercanggih belahan bumi selatan pon rilex jer.....slowww...rahasia jer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tank buatan malon sudah mendunia Wkwkwk

      Hapus
  23. Malon jaguh bine kapal induk wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah saling menghina kang , ingat kita menghina negara malaysia hanya akan menjadikan negara kita lebih terhina, alloh tidak suka kepada bangsa yang sombong, karena dengan kesombongan negara kita akan lebih hancur

      Hapus
  24. Untuk saudara di malaysia jangan menanggapi yang upload di youtube itu orang lebay, cuma provokator, kalo masalah kemandirian alutsista pemerintah kami target y menyamai atau minimal sedikit sejajar dengan china dan india itu yang sedang di kejar sekarang, kemandirian dan benar2 mandiri untuk 3 matra di targetkan 2045 , masih lama, kenapa harus di bandingkan dengan malaysia yang tingkat asean , kemampuan militer kita itu sedang mengejar tingkat ASIA , ya itu tadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doni@ wkwkwkwkw mengejar tingkat Asia tapi S60 masih gak di ganti,,,

      Hapus
    2. Maksudy kita mandiri targety minimal sejajar , kalo beli ,ganti malaysia & singapura pun bisa apalagi mereka lebih banyak duit y di bandingkan dengan kita ekonomi y pun mereka lebih mapan

      Hapus