02 September 2017

Tawaran ACMAT VLRA Untuk TNI

02 September 2017

Kendaraan taktis 4x4 ACMAT VLRA (all photos : ARC)

Di dunia maya, berkembang anggapan bahawa Tentara Nasional Indonesia adalah kolektor berbagai macam alutsista yang fungsinya tak jauh beda. Hal ini juga terjadi pada alat angkutan TNI yaitu truk. Selain memiliki berbagai jenis, kebanyakan truk TNI merupakan varian sipil yang dimiliterisasi. Pengecualian tentu ada pada beberapa truk seperti Unimog dan beberapa jenis lainnya. Sudah saatnya TNI juga menyeragamkan truk serbaguna untuk angkutan militer dengan spesifikasi militer pula.

Untuk itulah PT.SSE menawarkan Truk VLRA lansiran ACMAT Prancis. Sebagai truk militer VLRA so pasti dibekali kemampuan off road yang tangguh. Selain itu, desain yang modular juga membuat VLRA bisa diubah menjadi berbagai macam fungsi. Mulai fungsi angkut pasukan, logistik, hingga varian pasukan khusus.



Dengan mesin 180hp, VLRA dijamin tak akan kedodoran disaat harus melibas rintangan. Selain itu, VLRA juga didesain mudah diangkut dengan pesawat sekelas Hercules. Di lingkungan TNI, VLRA sebenarnya sudah digunakan Korps Marinir dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

PT.SSE sendiri, melalui Dislitbang TNI AD sudah menguji VLRA pada tahun 2015 lalu. Hasilnya, VLRA lulus dengan baik dan mendapat sertifikat TNI AD. Jika jadi dipilih oleh TNI, maka PT.SSE sendiri mampu membangun dan merakit truk VLRA. Bahkan kapasitas produksi yang ditawarkan PT.SSE sendiri mencapai 100 unit/tahun. Selama ini PT.SSE dikenal dengan produksi ranpur murni buatan dalam negeri seperti P2, P3 dan P6. Ranpur-ranpur ini saat ini tengah naik daun lantaran banyak dipesan oleh satuan pasukan khusus di lingkungan TNI.

(ARC)

13 komentar:

  1. muscles look, nice. we have some military truck too rite, apa kabar perkasa?
    might be good for pindad to take over that brand

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkasa di bius mati karna tekanan dari IMF jg bro

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. tni ad mendapat kiriman 5 arisgator....dikirim lewat udara

    BalasHapus
  3. Dulu AL punya jg ada jeep nya tp oerawatan sulit skr jarang ada dipakai

    BalasHapus
  4. apc arisgator udh dateng ...hilang satu list abu abu...wkwkw

    BalasHapus
  5. Mau buatan mana aja standarisasinmemang sudah jadi harga mati.hemat anggaran dari berbagai bidang.tapi kalau bisa kandungan lokalnya tinggi dan di buat di dalam negeri.

    BalasHapus
  6. https://garudamiliter.blogspot.co.id/2017/09/arisgator-tni-ad-mendarat.html?m=1....katanya gak beli bekas lagi...tapi limayan lah untuk menuhi kebutuhan kavaleri melanis tni ad

    BalasHapus
  7. Klo sekelas ini harusnya dah bikin dalam negri. Ga perlu lisensi merk asing. Tuh komodo klo armor nya dikurangi dimodel truk begini malah lebih bagus. harusnya sih lebih murah dari ACMAT, paling impor ya mesin dan transmisi aja, jadi local contentnya bisa lebih besar.

    BalasHapus
  8. Kalo urusan persenjataan dari 3 matra cuma TNI AD yang cepat di kabulkan doay , apa yang di pinta paling cepat di ACC tanpa berbelit2, pandur 8x8 kalo tni AD sudah cocok pasti langsung di angkut gak pake lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doni@ pertanyaan buat ente...
      Mahal mana alutsista yang harus di miliki antara AD dan AL plus AU?

      Hapus
  9. ada truk TNI dr varian sipil yang kena wajib militer. salah satunya trek isuzu elf dari varian umum smpe spek khusus.

    utk kebutuhan serbaguna tni, guwe rasa kemampuannya mesin gak jauh beda dgn yg militer.
    tp kudu liat2 jg produsen trek varian sipilnya yg mana. kalo jepun bolelah.

    trek militer kelebihannya di disain teknis misal ketahanan rangka & body.

    cekidot trek isuzu tni narik hilux 4x4 di trans papua/irja
    https://www.youtube.com/watch?v=RaON6DbQH3I

    trek reo tni,masi ciamik diusia senja, uda byk ditaksir..ame juragan2 haha!
    https://www.youtube.com/watch?v=FhySs97sm3I

    BalasHapus